Selamat Datang di Blog Daftar Menu Resep Masakan

Selamat datang di blogspot yang membahas tentang dafatr menu resep masakan Semoga sobat nyaman di sini, guna memudahkan navigasi kamu, silahkan pilih topik menarik di sebelah kanan atau di menu bagian atas. Terima kasih...

Tips Memilih Brokoli Yang Segar dan Sehat Untuk di Masak

Tips Memilih Brokoli Yang Segar dan Sehat Untuk di Masak. Tips Memilih Brokoli Untuk di Masak - Dari kuntum bunga tanaman sejenis kubis-kubisan, brokoli menjelma jadi sayuran kaya manfaat. Dikonsumsi mentah bisa, di proses jadi bermacam hidangan lezat. Sayur ini ampuh guna mencegah kanker kolon, kanker prostat, kanker paru serta kanker perut.

Bukanlah rahasia lagi bila brokoli dikatakan sebagai sayuran sarat manfaat kesehatan. Kerabat dekat kembang kol (cauliflower) ini kaya provitamin A (karotenoid), asam folat serta vitamin C. Brokoli juga memiliki kandungan banyak mineral utama seperti kalsium, potasium, kalium, besi serta selenium. Sulfur berbentuk glukosinolat, senyawa antidot, monoterpene serta genestein dapat juga diketemukan dalam brokoli. Sesaat flavonoid serta serat makin memperkaya kandungan nutrisi brokoli.

Meski kaya manfaat, brokoli mempunyai satu kekurangan, yakni gampang rusak. Sayur ini tdk mempunyai waktu simpan yang cukup panjang. Oleh karena itu Anda juga butuh mengerti cara pilih, meyimpan serta megolah brokoli agar rasa serta nilai brokoli bisa terus bermanfaat.

brokoli

* Tips Memilih Brokoli:

- Pilih brokoli yang kering karena air yang terperangkap disela-sela kuntum brokoli akan susah keluar. Akibatnya, kuntum dan sekitarnya akan mudah busuk selama disimpan. Bila perlu, kibaskan brokoli untuk mengeluarkan air yang terjebak disela-sela kuntum itu.
- Perhatikan tampilan kuntumnya. Pilih kuntum yang masih kuncup dan padat dengan warna hijau gelap dan kompak.
- Jangan membeli brokoli yang ada bercak kehitaman atau kekuningan. Bercak ini bisa disebabkan oleh kotoran, kelayuan atau titik busuk. Amati pula bekas tebasan di pangkal batang guna mendeteksi jejak busuk di tengah batangnya. Jika ditekan, jejak busuk itu akan terasa lunak dan berair.
- Jangan ragu untuk menggunakan indera penciuman Anda guna mengenali gejala kebusukan yang tidak terlihat.
- Untuk mengetahui brokoli yang Anda beli segar atau tidak, tekan batang atas brokoli dengan ujung jari. Brokoli yang masih segar memiliki batang yang masih keras.

* Tips Menyimpan Brokoli:

- Brokoli dapat disimpan di dalam lemari pendingin hingga selama empat hari, bergantung pada tingkat kesegarannya ketika dibeli.
- Bersihkan brokoli dari kemungkinan adanya ulat. Celupkan ke dalam air hangat dengan posisi krop mengarah ke bawah. Setelah ulat keluar, angkat dan kibaskan brokoli.
- Potong tangkai yang terlalu panjang dengan maksimal bonggol yang disertakan selebar 4 jari. Bonggol yang terlalu panjang membuat brokoli cepat tumbuh sehingga kuntumnya menjadi mekar dan berwarna kuning.
- Masukkan brokoli ke dalam plastik hitam guna menjaga kelembabannya. Plastik hitam membuat brokoli terisolasi dari cahaya dan memperlambat metabolismenya. Hasilnya adalah warna hijau dan kesegarannya akan bertahan lebih lama.

* Tips Memasak Brokoli:

- Memasak brokoli membutuhkan kehati-hatian tersendiri. Cukup dimasak sebentar saja agar vitaminnya tidak rusak dan warnanya tetap menarik. Memasak brokoli terlalu matang membuat warnanya menjadi hijau kehitaman. Kadar nutrisinya juga banyak yang hilang, terutama vitamin C. Agar brokoli tetap hijau segar, rebus dengan air mendidih yang telah dicampur dengan 1/2 sdt garam.

Nah diatas adalah beberapa Tips Memilih Brokoli Yang Segar dan Sehat Untuk di Masak, jadi dengan adanya informasi diatas Anda sekalian bisa langsung mempraktekannya langsung pada saat nanti Anda memilih brokoli yang masih bisa dimasak dan juga aman tentunya.. Semoga bermanfaat dan membantu yaa...
Tips Memilih Brokoli Yang Segar dan Sehat Untuk di Masak | Admin | 5